Pembuatan Website

12 May

Artikel ini merupakan hasil dari rangkuman pemahaman mengenai proses pembuatan sebuah website. Artikel ini berisikan step by step yang perlu diperhatikan dan dipahami ketika seseorang akan membuat sebuah website. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Hal pertama yang harus diketahui adalah kita mau membuat website apa?
  • Setelah mengetahui fokus apa yang akan dibuat, selanjutnya yang harus dikerjakan adalah membuat sebuah database. Proses pembuatan database bisa berjalan bersamaan dengan pembuatan design web  (user interface), hal ini terjadi apabila pembuatan website tersebut dilakukan oleh orang-orang yang memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Jadi ada yang khusus untuk membuat databese (DB Designer) dan ada juga yang kerjanya khusus untuk membuat design web (web designer) yang memiliki keahlian design grafis seperti corel ataupun photoshop.
  • Setelah database dan user interface berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah memasukkan script (salah satunya adalah dengan menggunakan PHP) yang fungsinya untuk mengkomunikasikan antara database dengan user interface yang telah dibuat tersebut, dimana masing-masing dari tombol yang ada di user interface, seperti tombol login, search, tulisan-tulisan yang ditampilkan, gambar-gambar yang dimunculkan ataupun bagian-bagian lain yang ada tentunya memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Maka tugas script (PHP, CSS, JS) melayani permintaan dari tiap aksi yang diberikan terhadap tombol-tombol yang ada didalam user interface, sehingga terbentuklah sebuah website yang dinamis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: